Tempat Orang-Orang Berkreasi dan Berprestasi

N o s t a l g i a S e b u a h K o t a

(Kenangan tentang Tanjungkarang)

Iswadi Pratama


Kenangan Pertama

I
Panggung adalah sebuah taman di mana patung-patung putih berusaha mengucapkan diri dan kenangannya tentang seseorang. Seseorang yang pernah duduk di taman itu dan meninggalkan semacam rasa perih dan kerinduan yang tak bisa berhenti, tak terobati.

II
Satu per satu pemain meninggalkan panggung — dengan caranya sendiri-sendiri. Sunyi. Panggung adalah kekosongan. Beberapa saat kemudian seseorang menyusup, melintasi panggung. Dari arah yang berlawanan, seorang lainnya melakukan hal serupa. Hal ini terjadi susul menyusul. Mulanya mereka hanya berjalan perlahan. Kemudian bertambah cepat, makin cepat, akhirnya berlari.
Orang-orang dengan berbagai karakter itu hilir mudik, susup-menyusup. Kesibukan sebuah kota. Lalu sunyi. Fade out.

III
Fade in: Di panggung hanya seorang “laki-laki yang asing” dan perempuan terbujur bersisian dengan arah berlawanan. Lalu mereka berpeluk dengan tubuh yang tetap melekat pada lantai. “Laki-laki yang asing” itu tampak pucat, namun cantik dan lembut. Ia mendekap si perempuan yang juga tampak pucat.

Laki-laki yang asing:
Tanjungkarang terlalu tenang untuk jiwa yang gelisah. Kota ini terlalu cepat tidur untuk pikiran dan panca indera yang ingin terus mengembara. Tapi entah mengapa, seakan tak ada tempat di sini yang bisa memberi sekadar ruang untuk seseorang berdiam, bercermin, melihat, dan menata kembali nilai-nilai dalam dirinya. Tak ada taman juga teman untuk melewati sebuah hari, meloloskan diri dari perangkap kejemuan dan hidup yang telah menjadi rutin.

Aku pergi ke bioskop, mengira kamu ada di sana, nyatanya hanya gambar-gambar dari poster film yang melulu memamerkan cerita usang. Aku masuki mall, supermarket, kafe-kafe, kedai di pinggir jalan, toko buku, perpustakaan, museum, terminal, stasiun, pasar, semuanya seakan-akan tengah berdandan menyembunyikan rasa frustrasi dan kegagalan.

Ah…aku melihat iring-iringan demonstran merayapi jalan-jalan yang mulai sering mampat. Aku mendengar teriakan, slogan-slogan, mencium bau keringat, merasakan sebuah semangat. Tapi nun di sana, politik dan kekuasaan telah menjelma sebuah lapisan yang majal.

Di sebuah simpang jalan, sepasang mata bocah mencegatku dengan tatapan yang sulit kutafsirkan. Sebelah lengannya menggenggam ujung karung yang menggelantung di bahunya yang mutung. Siang terasa murung. Mata bocah itu seperti kilatan belati. Ia menyimpan kemarahan juga rasa tak berdaya. Tapi ia lebih jujur terhadap hidupnya sendiri….

Fade out: Si lelaki yang asing terus bergumam sambil memeluk perempuannya.


IV
Orang-orang berdatangan dari berbagai arah, bergumam, membaca mantra-mantra. Mantra-mantra menjadi hujan. Orang-orang kuyub dan menggigil di bawah hujan. Pada sebuah tempat, di bilik, seseorang menikmati tetesan hujan yang jatuh dari genting yang bocor di kamarnya. Suara tetesan hujan itu berbaur dengan hujan yang mengguyur jalan-jalan, kota, atap-atap rumah, gedung. Tapi suara tetesan hujan itu terdengar seperti sebuah kesendirian yang hendak menegaskan dirinya.

V
Hujan tak henti menggugurkan kenangan. Memerangkap setiap orang yang melintas di kota itu.

Perempuan di bawah payung:
Di sepanjang jalan Tanjungkarang, Januari gugur seperti hujan. Kemilau pasar; cahaya di pipi perempuan. Lelakiku kesasar di sini, dalam setiap dering telepon, kartu pos, dan pacar lama; tak ada tempat singgah.
Entah berapa kalender lalu sudah, tak bisa kutandai, selain nyeri sobekan kulir pada karat besi.
Bahuku dingin, disergap angin yang runcing dan matahari yang berkali-kali jatuh, berlembing-lembing, mendesing.
Di sepanjang jalan Tanjungkarang, hujuan gugur, Januari mengguntur. Aku merapatkan mantel dan kerah kemeja. Orang-orang menyusun kembali dirinya, memasuki masa lalu yang terus tumbuh dalam otakku.

Perempuan yang bergegas:
Seharusnya aku tak meninggalkanmu. Tak ada siapa pun di kota ini, hanya orang lain. Kota, yang kini berjalan memasuki diriku, berusaha melepaskan dirinya dari kenangan semua orang. Seekor burung gereja, mungkin ikarus, kedinginan di taman kota. Menggelepar, lalu mati. Tak ada suara, tapi berdegap di jantungku.
Aku ingin berlari, menepak bahu setiap orang, mendentangkan lonceng gereja, menggemakan azan. Tapi kematian dan kehidupan hanyalah hal biasa. Tak ada lagi upacara.

Perempuan-perempuan tampak pucat di bawah payung. Seorang laki-laki berlari. Seorang lainnya berjalan membawa belati. Orang-orang terus berlintasan. Kabut-kabut. Lonceng. Bayang dan Silam melangkah pelan di antara kerumunan.

Para perempuan berpayung:
Misalnya kita bisa menempuh pagi, pada sebuah hari yang tak tercatat, kabut yang padat, akan kuceritakan kenangan tentang sepasang lengan yang terus menerus gemetaran menyimpan belai tak sampai. Sepasang lengan yang sudah terlalu kau kenal namun tak dapat kau temukan.
Acap mau saja aku menjelma menjadi hujan di ceruk matamu yang dalam, menyampaikan semua mimpimu tentang esok yang indah, benih-benih tumbuh di halaman, akhir kesedihan…
Tetapi engkau adalah sungai yang meriwayatkan kenangan. Di situ kakiku terbenam, senyap dan menggetarkan…
Kaki yang tak bisa pulang dan menyimpan seluruh peta, cerita-cerita lama, denah kota. Kaki yang kini ditumbuhi ilalang, silsilah petualang…
Engkau adalah sungai yang meriwayatkan kesedihan. Sepanjang Januari yang resah dan muda karena hujan…riak arusmu seperti awal senggama di pangkal usia, serupa sepi bergetar di batang zakar, pahit candu di puting susu…
Misalnya kita bisa menempuh pagi, pada sebuah hari, yang penuh ingin, yang tak mungkin.

VI
Bayang meninggalkan Silam. Silam mengejar Bayang. Lalu keduanya saling buru, saling kejar, saling hilang.

Bayang:
Silam, ke mana pun kau pergi akan kuburu. Jangan terlalu cepat larimu.
Kakiku mulai linu dan rapuh. Berhenti Silam. Aku kedinginan. Kota ini makin membuatku amnesia, terlalu banyak nama jalan dan gedung-gedung yang terus menerus lahir seperti bayi-bayi kita yang tak pernah ada. Aku kesasar di sini Silam…aku kesasar…..!

Silam:
Dasar lonte karatan! Kau terlalu cengeng dan tak pernah sabar sendirian. Aku lagi mengarungi sunyi. Jangan ganggu aku. Aku ingin sejenak bersama diriku sendiri. Aku ingin berziarah, aku ingin berdoa, aku ingin menyaksikan bagaimana kota ini telah mencabik-cabik seluruh silsilahku. Pergilah Bayang, jangan ganggu aku…

VII
Silam dan Bayang menempuh kota, menembus hujan, mengarungi sunyi. Menjadi renta dan lelah. Orang-orang berlalu.

Bayang:          Silam, aku capek
Silam:             Aku juga capek
Bayang:          Perutku koyak karena lapar
Silam:             Aku ngaceng karena kesepian
Bayang:          Kita telah ditinggalkan
Silam:             Mereka tak peduli pada kita

Silam dan Bayang di batas paling tepi dari sepi. Di luar waktu.

Bayang:          Lengang…
Silam:             Kosong…
Bayang:          Hujan sudah reda, menguapkan bau tanah
Silam:             Aku lebih suka bau tanah daripada baumu
Bayang:          Bau tanah dan bauku sudah menyatu
Silam:             Lebih baik kau menyatu denganku
Bayang:          lebih baik aku jadi bangkai
Silam:             lebih baik aku jadi anjing agar bisa menyantap bangkaimu

Silam dan Bayang melolong. Saling terkam.

Bayang:          Santap aku Silam. Habisi aku. Aku bangkai untukmu.

Silam dan Bayang senggama di tengah jalan raya. Di luar waktu.

Para perempuan yang bergegas:
Maaf, aku harus bergegas. Kau dan kamar itu terlalu sesak, cengeng dan penuh umpat. Aku akan ke Tanjungkarang, mungkin makan, melihat-lihat pakaian, atau tidur dengan kenalan. Bukankah kita sudah sepakat untuk saling menghianati? Tak usah kau telepon. Aku akan pulang larut malam. Bersihkanlah buku-buku dari debu. Tinggalkan catatan jika pergi. Ah, ya, sepatumu penuh lumpur dan radio belum kau matikan sejak semalam.
Jangan kau hisap racun serangga itu, aku tak mau menguburkanmu. Aku mencintaimu, tapi aku tak punya hati….

VIII
Jalan-jalan kota dipenuhi bangkai, lalat-lalat. Silam dan Bayang menari di antara kerumunan lalat. Bahkan keduanya menjelma menjadi lalat.
Lalat-lalat. Bangkai-bangkai. Bayang meninggalkan Silam. Silam terus berdengung hingga ber-metamorfosis menjadi burung.

Silam:             Bayang…adakah engkau di situ? Di langit yang pupus oleh tangisan. Di dengung lalat dan debu melayang?
Kalau kau mati Bayang, bagaimana aku mengirimkan doa…?
Langit telah menampik kita…..


Kenangan Kedua

I
Fade out/Fade in: Lelaki yang asing melintas
While I was entering the town, the rain had calmed down, cold was crawling between acacia stalks, sniffed back leaves, wed sticks, crawled from window cracks, a door opened half way. Embraced plane clothes that I had never found time to make them neat, caressed wall, arm, cheek, neck and shoulder. The cold crept into the air, formed clots, frozen, embodied memory of a long daytime….

There was loneliness among haze and shadow. Loneliness, so close to our mind; loneliness, so arrogant, and it never went away from our hearts. Loneliness that had guided us to settle in a garden of illusion, and then left us there with no sign where we should step on.

That loneliness too put pressure on me, on the night, I embraced you with all desire and frightened to lose feelings.

That night, I pervaded your body like a wave that would not be without an ocean. In the middle of worry, desperation, and hope: our passion, I embraced your soul, I kissed your lips. We were ambushed by the energy that could not be refused. I felt, suddenly, your body sent out a white and sparkling shine. I wished to sink all desire in your spout shine, to settle the longing from the love that had never been seen, I sucked your body scent with my five senses. Your body became an altar where I sacrificed my body. Please stab me, bring me to an end, eradicate me, kill me.

Ah…the dark settled then. The remains of the rain on the acacia leaves had fallen with the last wind. It would be night. The moon that season was pale. But the sky would be gleaming as your face that I always longed for. I sat on the sofa with a cup of coffee that was cold and with the memories of you that never left my mind, not even a second…

(Aku kesulitan mencari padanan kata yang tepat  dalam bahasa Inggris. Di bawah ini aku sertakan teks dalam bahasa Indonesia. Namun sebagian kupotong)

Ketika aku memasuki kota ini, hujan baru saja reda. Ada dingin merayap diantara batang-batang akasia, mengendus punggung dedaunan, ranting-ranting basah, menyusup dari celah jendela, pintu yang setengah terbuka. Menbekap baju-baju pucat yang tak pernah sempat kurapihkan. Mengusap lengan, pipi, tengkuk, dan bahu. Dingin juga meruap di udara, menjelma kenangan sepanjang siang.

Ada sepi bersijingkat diantara remang bayang-bayang. Sepi yang sudah terlalu kita kenal. Sepi yang selalu congkak dan tak pernah mau beranjak dari singgasananya dalam hati kita. Sepi yang dulu membimbing lengan kita memasuki kebun-kebun impian, lalu meninggalkan kita disana tanpa sedkitpun memberi tanda kemana harus melangkah.

Sepi itu juga yang mendorongku, pada suatu malam, memelukmu dengan segenap rasa kangen dan takut kehilangan...


Fade out.

II
Lalu semua berbicara. Mengatakan apa pun yang bisa atau tak bisa dikatakan, menjual apa pun yang bisa/tak bisa dijual, memaki apa pun yang bisa/tak bisa dimaki, menangisi apa pun yang bisa/tak bisa ditangisi, menertawai apa pun yang bisa/tak bisa ditertawai, menjadi apa pun yang bisa/tak bisa menjadi.

1. Maaf saudara-saudara. Tidak ada lagi yang bisa saya jual dari diri saya. Semuanya sudah habis, sudah selesai. Tolong, jangan desak saya, please…. Apa? Anda mau menulis biografi saya? (Tertawa).
Maaf beribu maaf saudara, itu pun sudah ditulis oleh ratusan pengarang terkenal dan yang debutan, riwayat sejak saya kecil hingga saya menjadi public figure saat ini, sudah tuntas dituliskan. Bahkan, sebentar lagi akan terbit sebuah buku yang mengungkap kisah saya saat dalam kandungan. What? Kisah hidup orang tua saya? Sekadar untuk saudara ketahui, buku tentang riwayat nenek moyang saya pun sudah dicetak berulang-ulang. Jadi, sekali lagi, maaf beribu maaf saudara-saudara….

2. Politik saudara-saudara, tidak ada investasi paling menjamin bagi masa depan Anda selain ber-politik. Politik adalah gaya hidup. Politik adalah cara cepat dan mudah untuk meraih sukses. Untuk ber-politik di negeri ini, Anda tidak memerlukan persyaratan yang rumit-rumit. Jika Anda tergolong tidak bermodal, Anda hanya membutuhkan lidah yang panjang, perasaan yang lebih keji dari siapa pun, dan seni menipu yang paling ulung. Jadi, tunggu apa lagi, marilah bergabung…kumpulkan semua pikiran dan niat jahat yang pernah ada dalam hidup Anda, bersama-sama kita satu padukan kekuatan untuk menipu rakyat!!!

3. Jika Anda termasuk orang yang sulit berbahagia, datanglah ke salon kecantikan kami. Salon kami dilengkapi teknologi baru; khusus memperbesar apa pun yang ingin Anda perbesar. Anda bisa memperbesar bola mata Anda, bibir Anda, hidung, gigi, lidah, telinga, payudara, kelamin, pinggul… Bahkan Anda juga bisa memperbesar pori-pori, lubang hidung, dan lubang pantat Anda. Kami akan melayani Anda dengan biaya paling murah dan jaminan keamanan tingkat tinggi. Selain itu, kami juga mampu membuat duplikat dan menggandakan kelamin Anda. Semuanya demi kepuasaan dan kebahagiaan Anda….

4. Gua bunuh lu! Gua bantai lu! Gua bakar lu! Gua serbu lu! Gua habisi lu! Gua cincang lu! Burit lu! Babi lu! Anjing lu! Setan lu! Iblis lu! Hantu belang lu! Kutu monyet lu! Dajjal lu! Penjilat lu!.... Adakah kosa kata yang hilang di sana…? Busuk lu, bangke’ lu, jembut lu! Taik cacing... Adakah kosa kata yang….

5. Oi….pulang oi…..suami lu di-PHK, rumah lu digusur, bapak lu dibantai….anak lu diperkosa, bini lu jadi babu, oi….pulang oi….suami lu dipenjara…rumah lu dibakar…bapak lu masuk jurang….anak lu bunuh diri… bini lu dijual…. oi… pulang..oi…… mau jadi apa lu…oi…. pulang oi….

6. Bila malam telah datang, rembang petang menghadang, suara jangkrik dan kesunyian berpadu dengan nafas-nafas kehidupan, bulir-bulir embun luruh, bilur-bilur hidup tersepuh… secangkir kopi diseduh, menghantar istirahat Anda di peraduan. Untuk menemani dan melengkapi kebahagiaan Anda, stasiun TV kami akan segera menayangkan “Sinema Setan……!” hihihihihihihi… .

7. Saudara-saudara, saya akan mengajak Anda berpetualang ke masa depan. Saya akan memperkenalkan hasil akhir dari pertumbuhan spesies bernama manusia. Ini merupakan maha-karya yang selama beratus-ratus tahun dikerjakan oleh para peneliti paling handal di dunia ini. Adapun sosok manusia masa depan itu merupakan perpaduan dari seluruh ras manusia yang pernah ada dengan semua jenis hewan, tumbuh-tumbuhan, dan semua bangsa jin. Inilah hasil akhir dari perkembangan fisik dan mental manusia masa depan.

8. Agama…agama…agama…! Saya menawarkan agama baru bagi jiwa-jiwa Anda yang gelisah dan rindu akan ketenangan. Dengan mengikuti agama ini, Anda akan mendapat berbagai macam fasilitas dan kemudahan. Anda juga akan mendapat credit card, layanan belanja gratis di seluruh supermarket yang lengkap, bebas roaming dan bebas pulsa….dan layanan paling istimewa bagi Anda; dalam agama baru ini neraka tidak ada!

III
Orang-orang ekstase di tengah pasar. Kesurupan.


Kenangan Ketiga

I
Mandi di sungai.

Syair:              Ai…ai…ai
Mandilah badan, mandilah sukma dan pikiran
Di sungai yang tenang, sungai yang bening,
Sungai yang memantulkan cahaya
Mengalir menuju laut, menuju samudera
Jadi mantra-mantra, jadi doa-doa
Ai…ai…ai
Di relung hati, di lubuk dalam jiwa
Simpanlah simpan rasa sakit
Ai…ai…ai
Beningnya mata, beningnya hati
Cahaya langit berkilau-kilau
Bertahta di kerajaan para Diwa

II
Musik bertalu-talu, nyanyian, joget, joget, joget! Pesta rakyat; mereka meluap-luap menyambut kedatangan diri mereka yang lain, mengabarkan semua kesedihan dengan cara yang amat riang.


1.        Hei….! Aku melihat kamu dirimu, di sepanjang kota ini!
2.        Aku melihatmu menjelma bayang-bayang di antara gedung yang menjulang.
3.        Ho..ho…ho…ho…lihatlah, kita jadi anjing di sini.
4.        Yei…yei…yei…aku merasakan kehadiranmu, di sini, di antara puing-puing, bau bangkai, dan debu….
5.      Aku ingin pulang ke desa-desa ke kampung halamanku tapi tak ada kenanganku di sana…ha..ha.ha….
Mereka terus berjoget, menari, bernyanyi. Lalu lelah, lalu rebah, lalu kalah.
Fade out.


Kenangan Keempat

I
Dongeng pepohonan

Suatu ketika, mungkin pada sebuah pagi atau sore yang trembesi. Kau akan dikejutkan bukan oleh gaduh hujan atau tubuh yang luruh, melainkan bayang-bayang pohonan, gelap dan memanjang dari kebun belakang rumah yang lama kau tinggalkan. Bayang-bayang pohonan itu akan menyelinap ke dalam benak. Menjadi hutan, di mana semua silsilah akar, batang, daun, dan buah, lesap ke dalam silam.
Di hutan itu, sungai-sungai tak henti menghanyutkan cahaya. Memantulkan tubuh-tubuh leluhurmu yang berabad-abad mencair, mengirimkan badai, mencipta daratan, impian, juga nama-nama yang tak semuanya terbaca. Lalu, kau mulailah pengembaraan itu, tanpa peta, menempuh arus tak berhilir, tak berhulu. Maka, di sebuah delta, ibu bapakmu adalah sebatang pohon besar. Kau bisa melepas lelah, atau meninggalkan semacam pesan untuk anak-anak yang kelak mungkin memanggilmu bapak. Tapi kau tetap tak boleh lelap di situ. Sebab, setiap impian baru adalah kelindan akar hutan yang akan menjebakmu ke dalam goa-goa gelap tempat semayam para jin dan hantu-hantu bernafas bacin. Kau harus berani meninggalkan segala yang kau cintai, karena ufuk hari akan terbit di batas sendiri. Maka, tebanglah pohon besar itu dan bikinlah perahu.

Suatu ketika, kau akan dikejutkan, bukan oleh hutan atau bayang-bayang pohon yang memanjang, melainkan isak yang sesak. Dan kau menangis karena akhirnya kau menangis. Lalu air matamu menjadi lumpur di ujung sepatu, meninggalkan jejak di gigir sihir waktu.
Pohon-pohonan berubah warna, selaksa bentuk bertukar rupa. Sepi congkak dan sejarah yang tinggi hati menantimu dengan pisau dari ranting-ranting pohon waru di tepi jalan itu, di pangkal sesalmu.
Di pangkal sesalmu, pohonan, sungai, waktu, adalah leluhur yang berabad-abad tertidur.
Lalu, suatu malam, dan mungkin ini sudah terlalu sering terjadi, kau akan duduk di depan meja, membaca, atau menuliskan sesuatu dengan amat rahasia. Atau memastikan kembali wajahmu di depan kaca dan berdoa, mengingat-ingat segala peristiwa, menanti-nanti impian yang sudah lama tak muncul dalam tidur…
Lalu kau merasakan telah melakukan semua yang sangat berharga, sepanjang hidup, sambil membaca lagi dongeng dari masa silam. Dan, tiba-tiba kau ingin sekali keluar, menemui kawan-kawan lama, mencari tempat-tempat yang sudah tak beralamat, mencoba lagi segala yang sempat atau terlewat. Tetapi yang kau dapati hanya hari-hari coklat, lorong-lorong gelap, bekas-bekas sunyi berkarat. Sementara hidup ada di sisi lain, rapat terkunci dan tak bisa kau masuki. Fade out.
Fade in. Lelaki yang asing tersentak dari tidurnya.
Sebuah jalanan yang seakan pernah kulalui - entah kapan - tiba-tiba menyampaikanku ke batas paling tepi dari sepi. Di sini seluruh langkahku menggema kembali, impian yang tak sempat diwujudkan memekarkan kesedihan dan harapan. Aku ingin sekali menjadi jalanan; membawamu ke sebuah tempat yang mungkin ada, mungkin pula tak ada. Sebuah jalan lain di sepanjang Tanjungkarang…. Fade out.

II
Fade in: Silam berlari di sepanjang kota, memburu Bayang. Ambulance. Bayang dalam sekarat. Orang-orang berkelojotan di jalan-jalan. Kota sebuah ruang gawat-darurat.

Silam: (Chorus)
Bayang….! Aku arungi sunyi. Aku tempuh lagi kota ini. Aku masuki pasar, terminal, supermarket, bioskop, museum, pelabuhan. Aku ketuk pintu rumah setiap orang. Aku masuki masjid, gereja, kelenteng, goa-goa peribadatan, mengira kamu ada di sana, nyatanya kamu tidak ada.
Bayang…apakah cahaya telah membakarmu. Aku rindukan bau amis tubuhmu, aku hasratkan mulutmu yang selalu bacin karena dahaga dan lapar. Aku angankan runcing pisau amarahmu menikamku…

Bayang:          Silam……! Aku dalam sekarat panjang. Setiap detik lewat tanpa harapan. Kanker terus menjalar dalam tubuhku.
Kelaparan sudah menjadi pelangi. Aku tidak diperkenankan lagi bermimpi.
                       
Semua yang indah telah dirampas dari hidupku. Aku terus berjalan di trotoar kota, aku tak pernah tidur lagi. Aku merindukan kamu, Silam. Tapi kamu juga sudah dirampas. Bahkan kamu sudah tidak lagi memiliki dirimu sendiri. Kota ini menampikku, tak ada lagi kenanganku di sini. Semua hal sudah menjelma menjadi tumor. Aku dalam sekarat panjang, Silam….tolong cari bangkaiku.
Jadilah anjing, santap aku, sudahi aku…

Mantra-Mantra: Kugali-gali kuburku dangkal matiku mati bagai ranting kering sakitku lebih sakit dari tikam perihku lebih perih dari sayatan mati getir mati hancur badan….

III
Para lelaki menyeret perempuannya.

Lelaki: Selalu kukatakan padamu, ketika melewati kota ini; ada sesuatu yang berseri esok hari. Di balik kabut, bunga-bunga matahari. Tetapi jalanan ini tak membawa kita ke mana-mana, hanya bayang-bayang kita sepanjang jalan, kesepian.
Tetapi selalu kukatakan padamu, ada sesuatu yang berseri esok hari. Pulang, dan tidurlah, di suatu tempat — mungkin di dalam mimpi, aku akan tersenyum menyapamu lagi…

Perempuan: Tetapi aku tidak bisa tidur lagi. Kita tak punya tempat untuk kembali. Ibu-bapak sudah kukubur di kebun belakang rumah; silsilah penuh kecemasan itu sudah selesai…
Ayolah ke laut, menyusur batas pantai sebelum surut larut, menggertak camar-camar sasar, menghitung kapal-kapal sandar, berpeluk di pendar cahaya mercusuar…
Atau kita ke museum, berpura-pura jadi arca, stupa, lukisan pengantin dengan pakaian adat dan mas kawin… menjadi nenek moyang yang diawetkan. Ayolah…aku hasratkan dingin jarimu menjelejah lekuk relief pada dinding tubuhku…

Para lelaki melemparkan perempuannya. Menjadi badut yang menanggalkan seluruh pakaiannya.

Lelaki: Aku melihat diriku di sini, hari demi hari, terus menerus, menjadi tiada…

Para perempuan menangis. Menanggalkan payudaranya, rahimnya, kelaminnya, matanya…

Perempuan: Kabut itu telah kusingkap. Kau tinggal benamkan pisau di sini. Tolong, jangan ada apapun yang kau simpan. Aku tidak lahir dari kenangan. Aku telah melukiskan kisahku bersama semua yang pernah ada. Hancurkan apa yang mau kau hancurkan.
Dan kita tak perlu membangunnya kembali…

IV
Mereka mencabik-cabik tubuhnya. Lalu semua yang bernama mesin menderu, mendesing. Lalu mantra-mantra. Sukma mereka berlepasan, terbang dalam keheningan, bersenggama, menari seperti burung di langit yang kosong. Burung-burung yang lelah, mengusung sepi di bahunya. Angin gelisah sendirian di antara dedaunan, sayap-sayap malaikat koyak dan berdebu.

Syair (Lampung):
Semua syair sudah kunyanyikan
Semua pantun sudah kusampaikan
Semua kalimat sudah kuucapkan
Semua diam sudah kupecahkan
Aku tidak bisa lagi menyimpan

Tak habis angin ditiupkan
Tak usai badan dihantamkan
Tak akhir langit ditafsirkan
Tak terbilang nyeri dituturkan
Sepilah sepi, sepi badan, jiwa, dan pikiran
Tidurlah tidur, tidurnya gunung, tidurnya bumi

Kaki sudah melangkah, mata sudah dibuka
Bangunlah bangun segala rahasia
Rahasia tanah, rahasia samudera, rahasia cahaya
Jiwaku segenggam debu, diserpih waktu

Terbanglah burung, oi, terbanglah
Burung jiwa yang tak mau kalah
Membawa sepi dan pisau di sayapnya
Mengarungi waktu, menempuh sunyi

Sunyi:
Malam itu, aku menghayati tubuhmu sebagaimana ombak yang tak mungkin tanpa lautan. Di tengah kecemasan, rasa putus asa, juga harapan; kita bergelora. Sukmamu kudekap, bibirmu kukerkap. Kita disergap sebuah tenaga yang tak bisa kita tolak. Aku merasakan tubuhmu tiba-tiba memancarkan cahaya putih dan berkilau. Ingin kutenggelamkan seluruh hasrat di pancaran cahayamu. Aku menghirup aroma tubuhmu dengan segenap panca inderaku. Tubuhmu menjadi altar, di mana kupersembahkan seluruh diri dan hidupku.
Aku ingin sekali merebutmu, membawamu pergi ke suatu tempat yang indahnya bahkan tak ada dalam mimpi. Di tempat itu, semua cinta menjadi abadi.
Ah, gelap mulai mengendap. Sisa hujan di daun-daun akasia digugurkan angin sore terakhir. Sebentar kan malam. Bulan musim ini tampak pucat. Cinta menyimpan harapan dan kegembiraan sebesar ia menyimpan kesedihan dan kecemasan…
Burung-burung berlepasan di udara meninggalkan kekosongan.


Kenangan Kelima

Semua cerita tentang kenangan berlintasan, bertabrakan, merebut benak setiap orang, dicampakkan dari setiap benak, tercecer di jalan-jalan. Kenangan berusaha menyusun dirinya sendiri.
Kenangan dieja seperti nama-nama, seperti tanda-tanda. Kenangan gagal diucapkan. Kenangan ingin terus menyatakan dirinya. Tapi tak satu pun yang sempat mendengar dan menyimpannya.

Perempuan di bawah payung:
Selalu kuingat Tanjungkarang; hujan-hujan yang sejuk, perempuan-perempuan muda bernyanyi. Pagi hari, kaca-kaca jendela berembun, langit hijau dan sepi menahun. Kota, dalam kenangan, berpayung warna-warni. Dan orang-orang yang gemar perayaan dan pesta membangun kampung halaman bagi para petualang.
Ada yang selalu kuingat tentang Tanjungkarang; hujan-hujan yang sejuk, senandung perempuan; payung warna-warni, percakapan-percakapan tak berarti, kehidupan yang tampak penuh gairah; dalam jemu dan lelah selalu merayakan kesunyian.

Seseorang dengan mantel yang basah:

Kau tak membaca koran pagi itu. Kopi telah dingin di cangkirmu. Hujan menyergap kita semalaman. Tubuhmu bau asam, bekas keringat. Selimut kusut di atas ranjang. Kita bergelut dalam perih yang akut. Cinta telah padam, dosa melebam. Seribu desis ular, sepatah istighfar. Rambutmu terbakar, hatiku semak belukar. Bahkan saat kuserup bau rumput di lehermu, keningmu berkerut, mukamu sayup, matamu seperti kaktus basah di halaman rumah. Kita, bangsat yang tak bisa percaya, ada ihwal selain kesedihan.
Bayang sekarat panjang dalam usungan:
Silam, bagaimana aku dapat menemukanmu kembali, seluruh silsilahmu telah menjadi hutan yang menggemakan kehilangan. Tanpa ibu, aku menyusuri sungai-sungai riwayat yang penuh bangkai manusia dari berbagai zaman. Engkau tak sedikit pun menyisakan tanda dalam diriku, hanya peta lama yang berulangkali kutafsirkan sebagai kampung halaman, kota-kota masa lalu atau pelabuhan, yang entah sejak kapan hanya mencatat sesuatu yang cuma sempat lewat. Aku telah yatim piatu dalam petualangan ini. Tak pernah lagi kurindukan aroma puting susu ibu atau prasasti kegetiran di kenaning bapak. Aku akan masuki kembali hutan itu. Menebang setiap pohonan yang pernah kau pinta menanamnya, namun, tak kau perkenankan aku menamainya. Aku memang tak bisa sesabar leluhur, terus menerus nyasar karena seluruh sejarah ikut campur. O…Silam…bagaimana aku dapat menemukan kau lagi di antara segala yang sudah menyerpih…

Dua laki-laki pembawa lonceng:

Malam ini, aku mendengar suara batuk-batukmu di antara baju hangat dan hujan di ruang tunggu. Cuaca telah menyiramkan cat paling pucat bagi kota dan orang-orang yang hanya datang dan pergi. Tapi suara batuk-batukmu malam ini, mengirimkan perahu-perahu layar ke dalam benakku, membawa seluruh penghuni kota, dan kita, dan sampah, tenggelam bersama atas nama cinta.

Sunyi:
Ajak aku ke bioskop, seret aku dari tempat ini. Cium aku, peluk aku, cintailah aku, karena aku tak bisa lagi mencintai. Sentuhlah bahuku, sentuhlah bahuku, selebihnya biar kuselesaikan sendiri…Fade out.

Perempuan Penembang:
Sore hari, menantikanmu dan tak datang-datang. Sayap-sayap angin menerbangkan kebosanan bangku-bangku panjang. Kupu-kupu mati, kenangan mengeras di ujung jalan. Aku tak bisa ke mana-mana. Di dalam kamar; kemeja pucat, dan sejumlah surat tak terbalas. Sejumlah peristiwa gagal menjadi masa lalu.
Aku, mungkin juga kamu, berada di wilayah lain dari pertumbuhan kota yang rutin. Menggigil seperti putik-putik sari di dahan rambutan. Aku tak bisa ke mana-mana, hujan makin deras mengucurkan kegaduhan. Lagu-lagu dalam radio, tawa kanak-kanak di luar, laki-laki mabuk di bawah hujan, kenyataan-kenyataan terlalu cepat membeku.

Tanjungkarang, Oktober 2003 s/d 4 Mei 2006



Catatan:
Warna Merah        : kata/frase/kalimat/baris/bait yang perlu didelete
Warna Hijau         : Perubahan atas kesalahan ejaan, perubahan atau penambahan
                                  kata,  frase, kalimat/baris/bait atau kalimat

Pohon Waru          : Sejenis Pohon Bunga berbatang besar, berusia mencapai
                                  puluhan tahun dan biasa hidup di daerah tropis

Silam                      : Laki-laki
Bayang                   : Perempuan
(Keduanya direpresentasikan dari teori psikologi  anima dan animus atau maskulinitas dan feminitas yang terdapat dalam diri manusia. Namun bisa juga direpresentasikan sebagai sepasang kekasih)

Laki-laki yang Asing :  Seseorang yang identitas sex-nya ambigu dalam konteks sosial. Dia  bisa menggambarkan Manizer atau Womanizer. Dia hanyalah seseorang yang secara kultural tak punya masa lalu dalam kebudayaan masyarakat. Mungkin dia lebih tepat dijuluki  yang ambigu daripada foreigner atau Stranger.

Sunyi, Perempuan Penembang, Perempuan Berpayung : Representasi dari problem-problem femininitas dimana perempuan identik dengan  rumah, bumi, kampung halaman, tempat kembali , venus, kesetiaan, penantian. Dalam teks ini, semua peran dan kategori itu mengalami guncangan
 

0 komentar:

Posting Komentar